Minggu, 05 Mei 2013

PeMeriksaan Awal Motor Macet

Jika kita sering perjalanan jauh kemungnkinan motor yang sering kita pakai mengalami kemacetan secara tiba-tiba. Entah itu penyebabnya memang motor sudah tidak layak jalan atau perawatan yang kita berikan tidak sepadan dengan jarak tempuh motor tersebut.

Sudah biasa jika kita menjumpai hal tersebut, yang paling susah jika kita ditengah jalan dan keadaan sekelilingnya tidak ada bengkel service motor. untung jika pas macetnya di depan bengkel hehehe. beda lagi kalau motornya berhenti di depan pak polisi hahahha, kena tilang itu maksudnya.

Beberapa hal yang perlu kita perhatikan nich sob buat kenyamanan berkendara :

1. periksa selalu oli yang sobat sekalian pakai, dan berapa kelayakan jarak tempuh oli yang ada pada mesin sobat sekalian, itu tergantung brand yang dipakai.
2. pengecekan jarak tempuh hendaknya dibarengi dengan kabel speedometer yang berfungsi, ganti kabel speedometer yang sudah tidak layak pakai, karena disamping untuk melohat kecepatan kita waktu berkendara kabel ini dapat mengecek seberapa jauh jarak tempuh motor kita selama ini.
3. sediaka selalu kunci busi pada jok motor anda sob, hal ini berguna jika kita akan membersihkan busi jika sudah tidak layak pakai. terkadang kemacetan pada motor disebabkan daya pengapian pada busi sudah melemah. jika busi sudah dibersihkan tapi masih tidak menyala coba buka cuk busi, barangkalai disumpel ama kertas atau plastik oleh teman sobah sekalian (dikerjain hahahaha....)
4. cek ketersediaan bensin sobat sekalian, mau perjalanan jauh eh malah bensinnya gak dicek, dan perkirakan selalu berapa sisa bensin yang ada ditangki bensin motor sobat sekalian dengan CC motor sobat, jika CC pada motor lebih besar maka pengeluarannya pun lebih besar pula.
5. indikator bensin pada speedometer usahakan selalu aktfi untuk memudahkan pengecekan.
6. seringlah service kalbulator pada bengkel kepercayaan sobat. biasanya laju kendaraan motor akan terasa lebih nyaman jika kalbulator itu bersih. kotor pada kalbulator terkadang disebabkan oleh bensin yang ada bekas endapan, bisa juga kemasukan sedikit air pada kalbulator.
7. cek selalu accu apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak, model accu ada 2 basah dan kering, kalau basah cek selalu air accu jangan sampai kehabisan air accu karena dapat merusak sel yang ada pada accu, sedangkan accu kering biasanya mampu bertahan 2-3 tahun tanpa harus mengisi air accu.

sekian dan terimakasih sobat Blogger semoga dapat bermanfa'at ya ...... kurang dan lebihnya mohon ma'af,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar